MENGENAL CUBICLE dan JARINGAN LISTRIK

Dalam dunia kelistrikan kita pasti bertemu dengan sebuah perangkat hubung bagi atau di sebut dengan Switchgear, Panel Medium Voltage atau Cubicle, baik di jaringan primer ataupun di jaringan sekunder.

Pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu yang dimaksud Jaringan Primer dan Jaringan Sekunder. 

 - Jaringan Primer adalah jaringan listrik yang posisinya berada di pembangkit listrik, contohnya PLTA,PLTU,PLTG,PLTS dsb.
 - Jaringan Sekunder adalah jaringan listrik yang posisinya di gardu induk PLN hingga di pelanggan 20kV.

Nah...dari sini kita sudah tahu garis besarnya perangkat hubung bagi di bagian 20kV.
dan Berikut penjelasan singkat apa yang dimaksud dengan Switchgear dan Cubicle :

*SWITCHGEAR :
Dibawah ini adalah salah satu contoh gambar switchgear yang biasa digunakan di pembangkit. Biasanya spesifikasi switchgear tersebut mempunyai kapasitas Amper dan nilai Short circuit  yang tinggi, sekitar 2500A/25kA hingga 3200A/25kA di tegangan kerja 20kV.

*CUBICLE :
Dibawah ini adalah salah satu contoh gambar cubicle yang biasa digunakan di gardu induk dan pelanggan 20kV. Biasanya spesifikasi cubicle tersebut mempunyai kapasitas Amper dan nilai Short circuit dibawah spesifikasi switchgear , sekitar 630A/16kA hingga 1250A/16kA ditegangan kerja 20kV.


 
Cubicle/Switchgear diatas masing- masing memiliki bagian - bagian penting, antara lain:
1. Box LV control
2. System pengaman relay proteksi
3. CT (Current transformer) dan VT (Voltage transformer)
4. Metering
5. System grounding
6. System komunikasi
7. Circuit breaker
8. Mekanism LBS (Load Breaker Switch)
9. System interlocking Mekanik atau Elektrik
10. System integrasi SCADA

Cubicle/Switchgear ini sangat berperan penting dijaringan distribusi /transmisi, oleh karena itu perangkat ini harus sudah teruji sesuai standart LMK, sehingga kehandalanya sudah tidak diragukan lagi, baik disisi proteksi, mekanik, dan interlock nya.

Setelah mengetahui perbedaan Cubicle/Switchgear, mungkin anda pernah mendengar istilah mengenai "Endcloser" dan "Metalclad" ?
Apa berbedaan antara istilah tersebut ?

Mari kita bahas sedikit agar lebih paham ya gaes.....

Endcloser : ANSI/IEEE C37.20.3



               Gambar diatas adalah contoh Switchgear type Metal Endcloser , ciri - ciri yang paling menonjol adalah CB tesebut tidak mempunyai rumah, sehingga CB tersebut tidak bisa di Rack in dan Rack out.

➤ Metalclad : ANSI/IEEE C37.20.2

        Gambar diatas adalah contoh Switchgear type Metal Clad. ciri- ciri yang paling menonjol adalah CB tersebut memiliki rumah, sehingga CB tersebut bisa di Rack in dan Rack out, tujuanya untuk mempermudah teknisi untuk melakukan maintenance.

Untuk info lebih lanjut mengenai type cubicle Schneider, anda bisa klik alamat berikut :

Sekian penjelasan singkat mengenai Switchgear dan cubicle tersebut, untuk lebih detailnya kita akan bahas di halaman berikutnya. Semoga bermanfaat. Salam POWER.

Comments

Tukang listrik said…
Terimakasih atas informasinya kerena sangat berguna untuk saya yang sedang belajar komponen elektrikal dan semoga website ini selalu memberikan informasi yang berguna lagi kedepannya.