TRANSFORMATOR

Hay...sobat power ,kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai apa itu yang di maksud Transformator.
Transformator adalah sebuah perangkat listrik yang fungsinya untuk menurunkan atau menaikan tegangan dilengkapi dengan alat pengaman  trafo yang jenis dan fungsinya disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan.

Lebih jelasnya kita perhatikan gambar dibawah ini:


Dari gambar tersebut terdiri dari komponen-komponen penting antara lain :
1.Low voltage bushing
2.High voltage bushing
3.Low voltage coils
4.High voltage coils
5.Liminated core
6.Oil tank
7.Cooling tube
8.Pengaman trafo

Transformer tersebut umumnya dibagi 3 pengertian, antara lain dari JENISnya, TYPEnya, dan FUNGSInya, maka kita perlu mengerti dahulu perbedaan trafo tersebut.

➤Menurut Jenisnya Transformer ada 2 macam :
1.Power Transformers
   Adalah trafo yang digunakan di jaringan primer (PLTU,PLTA,PLTG dsb) yang berfungsi untuk menerima dan mengirim daya untuk kebutuhan transmisi antar gardu induk, biasanya tegangan yang di distribusikan antara 70kV - 150kV.

2.Distribution Transformers
Adalah trafo yang digunakan di jaringan sekunder yang berfungsi untuk menerima dan mengirim daya untuk kebutuhan pelanggan, biasanya tegangan yang di distribusikan adalah 20kV.

➤Menurut Type Transformer ada 2 macam :
1.Type Oil : Trafo ini menggunakan tahanan Oil yang fungsinya sebagai pendingin dan isolasi tegangan tembus diantara winding antar phasenya. Banyak digunakan di indoor maupun outdoor.


 
2.Type Case Resin : Trafo ini menggunakan body Resin yang sifatnya sebagai pengaman winding, pendingan dan lebih ramah lingkungan. Banyak di gunakan di indoor karena bodynya yang ramping dan lebih aman untuk area padat penduduk.



➤Menurut FUNGSI nya ada 2 macam :
TRANSFORMER STEP DOWN :
Adalah perangkat listrik yang fungsinya untuk menurunkan tegangan dari High Voltage (HV) ke Low Voltage (LV) dan dilengkapi pengaman trafo standart.

TRANSFORMER STEP UP :
Adalah perangkat listrik yang fungsinya untuk menaikkan tegangan dari  Low Voltage (LV) ke High Voltage (HV) dan dilengkapi pengaman trafo standart.

➤ System pendingin trafo selain oli adalah menggunakan sytem pendingin yang biasa disebut ONAN/ONAF 
           ONAN (Oil Natural Air Natural) : System pendingin trafo dengan mengguanakan Oli dan Udara yang bersikulasi secara natural ( tanpa adanya alat/mesin external ).
           ONAF (Oil Natural Air Fun) : System pendingin trafo dengan mengguanakan Oli dan Udara yang bersikulasi secara mekanis, biasanya menggunakan fun external yang dilengkapi alat termocople.

➤ Trafo juga memiliki proteksi yang berfungsi untuk pengaman di internal trafo, baik disisi winding, coil nya, yang sering kita dengar adalah DGPT-2

Dipasaran DGPT-2 mempunyai 2 jenis type antara lain :
 1. DMCR ( Detection, Measurement, Control Relay )




















Alat ini melindungi trafo dari ganguan Oil Level, Oil Temperatur , Preasure Gas.
➤ Kenapa trafo bisa terjadi ganguan Oil Level : Selain karena kebocoran, gangguan ini timbul karena timbulnya gas pada oli trafo, sehingga terakumulasi didalam trafo yang mengakibatkan level oli turun.
Kenapa trafo bisa terjadi gangguan Oil Temperature :Selain karena full load/ beban terlalu tinggi, Suhu pada trafo bisa naik secara siknifikan salah satunya karena timbulnya partikel-partikel yang mengakibatkan isolasi oli trafo menjadi menurun, sehingga banyak mengandung air, karbon, sendimen yang mengakibatkan menurunnya tegangan tembus pada oli trafo dan temperatur menjadi lebih tinggi dari biasanya, sehingga terbaca oleh pengaman Oil Temperatur Trip trafo.
    ➤ Kenapa trafo bisa terjadi gangguan Preasure Gas : Trafo bisa bertekanan tinggi dikarenakan timbulnya partikel-partikel pada oli seperti air, sendimen, karbon yang menimbulkan gelmbung-gelembung gas yang terakumulasi sehingga akan mengakibatkan menurunnya tegangan tembus pada oli trafo dan terbaca oleh proteksi Buchole/Preasure Gas trafo.

 2. RIS




















Proteksi trafo ini fungsinya sama dengan DMCR,  perbedaanya hanya merk dan pabrikasinya saja.

Demikian penjelasan singkat mengenai transformer, untuk lebih detailnya kita akan bahas lagi dikesempatan berikutnya, semoga bermanfaat Salam POWER.






Comments