KONTRUKSI KABEL XLPE



Hallo sobat power ....  kali ini kita akan membahas kontruksi kabel power XLPE , tujuan nya adalah agar kita lebih paham dan mengetahui dasar-dasar lapisan kabel beserta fungsinya.

Kabel XLPE jenisnya banyak sekali dipasaran, perbedaannya ada pada jenis inti kabel, jenis pelindung armornya, jenis kulit kabelnya, dan water bloking nya. Semua itu intinya adalah untuk melindungi kabel dari kondisi-kondisi dilapangan, agar lebih handal dan aman untuk digunakan.

Berikut ini adalah gambar kontruksi kabel XLPE secara umum :
1. Inti kabel
2. Semikonduktif dalam
3. XLPE
4. Semikonduktif luar
5.Screen / Armor
6. Jaket kabel

Dalam repairing kabel atau pemasangan terminasi dan jointing di kabel XLPE, kita perlu mengetahui fungsi dan maksud dari bagian-bagian tersebut, antara lain adalah :

1. Inti kabel : 
    Penghantar/ konduktor kabel yang berfungsi untuk menyalurkan tegangan, biasanya terbuat dari bahan tembaga atau aluminium
2. Semikonduktif :
    Berfungsi untuk meratakan tegangan dibagian dalam kabel agar tidak ada penumpukan tegangan di celah-celah komponen penghantar.
3. XLPE :
    Singkatan dari polyethylene berikatan silang, yang merupakan sejenis struktur molekul linier, struktur ini mempunyai kemampuan untuk menahan deformasi pada suhu tinggi, bentuknya yang lentur sehingga memudahkan dalam pemasangan.
4. Semikonduktif luar :
    Berfungsi untuk meratakan tegangan dibagian luar kabel agar tidak ada penumpukan tegangan di celah-celah komponen penghantar.
5. Sceen / Armor :
    Berfungsi untuk perisai kabel agar dapat melindungi inti kabel dari benturan yang bersifat mekanis, biasanya terbuat dari bahan alumunium atau baja dan biasa dilengkapi lapisan water blocking yang berfungsi untuk menahan air masuk ke dalam bagian kabel.
6. Jaket kabel
    Berfungsi untuk melindungi kabel disisi terluar, sehingga kabel terlindungi terhadap benturan, benda-benda yang memungkinkan dapat merusak bagian dalam kabel.

Apabila kita sudah memahami bagian-bagian kabel tersebut maka dapat dipastikan dalam melaksanakan pekerjaan tersebut diharapkan lebih lancar, sehingga hasil yang didapat menjadi lebih maksimal.
Sebagai referensi saya lampirkan link kabel KMI ( Kabel Metal Indonesia) sebagai contoh produk kabel produksi indonesia.

Untuk type dan spesifikasi lengkap bisa klik link dibawah ini : 

Demikian penjelasan singkat mengenai kontruksi kabel XLPE , mungkin ada kekurangan dan kesalahan bisa dikoreksi dikolom komentar, sekian dan Salam power....
 

Comments