PROTECTION OVER CURRENT - 50/51

 

Arus Lebih - Arus lebih adalah arus yang mengalir pada suatu rangkaian yang melebihi arus normal ketika beban penuh mengalir pada rangkaian motor. Arus lebih itu sendiri dapat terjadi karena beban lebih (overload) dan hubung singkat (short circuit) yang terjadi pada rangkaian. Pada suatu rangkaian listrik untuk sebuah motor, arus lebih yang terjadi adalah arus yang mengalir ke dalam rangkaian yang besarnya melebihi arus normal motor pada saat motor dalam keadaan dibebani penuh atau lebih dikenal dengan Full Load Amps (FLA).

Arus hubung singkat (short circuit current) adalah arus lebih yang sangat besar, melebihi arus beban penuh normal yang mengalir dalam suatu rangkaian motor. Arus ini akan menemukan jalur terpendek di sekitar jalur distribusi dan di sekitar beban untuk kembali ke sumbernya. Baik arus beban lebih maupun korsleting dapat menyebabkan kerusakan pada motor.

Gangguan fasa, beban lebih, dan kondisi rotor terkunci adalah beberapa kejadian yang dapat dicegah dengan menggunakan proteksi kusus lockout relay ANSI 86. Jika motor dibiarkan beroperasi tanpa pelindung, ada kemungkinan motor akan beroperasi terus menerus dalam kondisi tidak normal. Mengoperasikan motor dalam kondisi tidak normal akan menyebabkan arus yang mengalir ke motor cukup besar dan dapat merusak motor itu sendiri, seperti panas berlebih atau kerusakan bahan isolasi. Pengaturan perlindungan yang tepat yang diterapkan pada motor dapat memperpanjang masa pakai motor. Karakteristik suatu motor akan menentukan ketepatan pengaturan proteksi yang akan diterapkan pada motor tersebut.

Arus Start Motor

Ketika motor AC dioperasikan, arus masuk yang sangat besar akan muncul pada paruh pertama siklus gelombang. yang nilainya bisa 20 kali arus normal motor saat beban penuh. Setelah setengah siklus pertama, motor akan mulai berputar dan arus listrik akan turun menjadi 4 sampai 8 kali arus normal selama beberapa detik. Setelah motor mencapai putaran normalnya, arus akan berkurang untuk mencapai arus normalnya.

Akibat arus masuk, motor harus memerlukan alat pelindung khusus yang dapat menahan arus lebih akibat arus start sementara.


Thank's



Comments