TAN DELTA TESTING WITH OMICRON

 


Setiap peralatan listrik yang beroperasi pasti mengalami stress dari faktor tegangan operasi, getaran, suhu, kotoran dan sebagainya. Semua faktor tersebut akan menyebabkan penurunan tahanan isolasi peralatan listrik secara terus menerus.

Dalam jaringan sistem tenaga listrik yang kompleks, penurunan atau penuaan resistansi isolasi peralatan listrik merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan kerugian besar seperti kegagalan transformator, ledakan pemutus sirkuit, dll.

Untuk menghindari kerusakan peralatan yang tidak terduga dan stabilitas distribusi daya, sangat penting untuk mengetahui kondisi isolasi peralatan dan memantaunya secara berkala untuk mendapatkan penurunan tahanan isolasi.

Dalam suatu sistem kelistrikan Pengukuran Disipasi Fakor atau Tangent Delta bertujuan untuk mengetahui kualitas isolasi suatu peralatan listrik. Oleh karena itu, peralatan listrik baru perlu mengetahui hasil pengujian tangen delta yang akan berguna sebagai acuan untuk pengukuran tangen delta selanjutnya yang dilakukan secara periodik, sehingga diperoleh grafik penurunan tahanan isolasi peralatan tersebut. Grafik hasil uji tanden delta akan menunjukkan pengaruh penuaan terhadap tahanan isolasi suatu peralatan mulai dari awal pembuatan hingga saat beroperasi. Dengan data tersebut dapat ditentukan kapan dilakukan pemeliharaan, direncanakan penggantian peralatan, sehingga kerusakan yang tidak terduga dapat diminimalisir. Ini juga memastikan keamanan dan stabilitas pasokan listrik.

Sebenarnya tidak ada standar yang jelas untuk menyatakan tahanan isolasi suatu peralatan dapat dinyatakan baik atau buruk terhadap hasil pengukuran tangen delta. Hal ini tergantung dari masing-masing produsen yang memproduksi alat dan bahan yang digunakan. Pengukuran tangen delta lebih ditujukan untuk mengetahui laju penurunan kualitas tahanan isolasi suatu peralatan atau efek penuaannya. Oleh karena itu, pengukuran tangen delta memerlukan nilai awal sebagai acuan untuk pengukuran selanjutnya yang dilakukan secara periodik.

Namun berdasarkan pengalaman para praktisi di lapangan, secara umum baik buruknya kondisi tahanan isolasi suatu peralatan listrik berdasarkan hasil uji tangen delta dapat dikelompokkan sebagai berikut:


Comments