VECTOR GROUP TRANSFORMER

Vektor Grup pada Transformator
Ketiga belitan pada trafo baik pada sisi tegangan tinggi (HV) maupun tegangan rendah (LV) dapat dihubungkan dengan beberapa cara sehingga membentuk konfigurasi bintang (Y), delta (Δ) atau Zigzag (Z) sehingga walaupun terlihat sama, arah arus bervariasi pada setiap konfigurasi yang terbentuk.

Dari gambar di atas, A dan B merupakan deretan bintang yang arahnya berlawanan. Secara rangkaian, kedua gambar di atas terlihat sama-sama bintang, namun karena perbedaan arah masuknya arus, rangkaian A dan B tidak sama persis, sehingga tegangan dan arus antara kedua rangkaian berbeda 180*.

Dalam suatu instalasi sistem tenaga listrik, informasi tentang kelompok vektor suatu transformator sangat penting. Apalagi jika akan mengoperasikan beberapa trafo secara paralel dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas, berbagi beban dan untuk meningkatkan keandalan sistem.

Konfigurasi yang berbeda pada sisi primer dan sekunder dapat menyebabkan perbedaan fasa antara tegangan pada sisi tegangan tinggi (HV) dan sisi tegangan rendah (LV). Variasi vektor transformator menjelaskan bentuk jenis sambungan belitan primer dan sekunder serta besarnya pergeseran fasa antara tegangan samping tegangan tinggi (HV) dan tegangan rendah (LV). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:

 


Thank's

Comments